Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 7 No 3 (2023): Desember

PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 4 KOTA BENGKULU

Fransiska, Rika (Unknown)
Agustinsa, Ringki (Unknown)
Yensy , Nurul Astuty (Unknown)
Rahimah, Dewi (Unknown)
Lestary, Ratnah (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan sampel satu kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes  kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifikan (α) = 0,05 dan  nilai thitung =11,742 > ttabel 1,699 . Rata-rata hasil pre-test siswa sebesar 44.93 dan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 75,87  maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika  siswa SMAN 4 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...