Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan relevansi nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerita pendek "Juara Kejujuran Jilid 2" dalam pembentukan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, karena dalam penelitian ini hanya untuk menggambarkan dan menganalisis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam cerita anak-anak "Juara Kejujuran" yang dibuat oleh peserta anti-corruption teacher supercamp 2016. Pengumpulan data dilakukan melalui baca dan tulis ,dengan langkah-langkah tertentu: (1) Teliti membaca setiap cerita pendek dari koleksi "Juara Kejujuran", (2) Mengidentifikasi nilai-nilai karakter seperti sikap membantu tanpa pamri, mau mengakui kesalahan, ketekunan, dan kesadaran menjaga lingkungan dalam cerita-cerita tersebut, (3) Mengklasifikasikan data nilai-nilai karakter yang teridentifikasi, dan (4) Memastikan keabsahan data melalui observasi yang teliti dan referensi yang memadai. Hasil penelitian akan difokuskan pada empat nilai pendidikan karakter yaitu membantu tanpa pamri, mau mengakui kesalahan, ketekunan, dan kesadaran menjaga lingkungan. Setelah dilakukan analisis terhadap empat nilai tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa nilai-nilai tersebut penting untuk diajarkan sejak usia dini dan sangat relevan dalam pendidikan anak. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari pendidik dan orang tua sangat diperlukan dalam membentuk karakter anak sesuai dengan nilai-nilai tersebut.
Copyrights © 2024