Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis penggunaan media Sandpaper Later 3D sebagai media ramah anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul-Ilmi Karawang. Metode kualitatif dipilih untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi anak-anak terhadap penggunaan media ini dalam konteks pembelajaran membaca. Pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi dinamika interaksi antara anak-anak dan media pembelajaran. Hasil Penelitian Penggunaan media sandpaper later 3d sebagai media ramah anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul-Ilmi Karawang terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Hasil positif ini memberikan dasar bagi pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan ramah anak di tingkat pendidikan pra-sekolah. Penggunaan media sandpaper letter 3D terbukti dapat dijadikan media pembelajaran ramah anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun karena dirancang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia pra-sekolah, media pembelajaran ini dapat diakses dengan sentuhan dan merangsang indera anak membantu meningkatkan motivasi dan minat mereka terhadap membaca. Kemampuan untuk merancang bentuk huruf sendiri melalui media ini dapat merangsang daya imajinasi anak. Strategi pembelajaran mereka untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak-anak. Sehingga media sandpaper later 3D menegaskan bahwa pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat berperan penting dalam memperkaya pengalaman belajar anak usia pra-sekolah dan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024