Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 8, No 1 (2023)

Penyusunan Modul Ajar pada Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs 'Aisyiyah Kota Binjai

Irvan, Irvan (Unknown)
Mushlihuddin, Rahmat (Unknown)
Aulia, Arief (Unknown)
Hartati, Triayuni (Unknown)
Simangunsong, Alfauzan Ramadhanny (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19, yang menyebabkan terjadinya Learning Loss. Hal ini dapat menyebabkan tingkat kemampuan peserta didik akan mengalami penurunan. Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Permasalahan yang akan diselesaikan oleh Tim Pengabdian PKM dan bekerjasama dengan mitra MTs ‘Aisyiyah Kota Binjai, yaitu: 1) menerapkan pembelajaran berbasis karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila, 2) menyusun materi esensial dalam bentuk modul ajar, 3) melaksanakan pembelajaran yang terdiferensiasi. Solusi yang akan diberikan adalah melaksanakan workshop kepada guru-guru MTs ‘Aisyiyah Kota Binjai. Luaran yang diharapkan adalah: 1) guru memahami karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu Profil Pelajar Pancasila, 2) guru mampu menyusun modul ajar, dan 3) guru menerapkan belajar berdifferensiasi berdasarkan kemapuan dan kebutuhan peserta didik. Luaran yang akan dicapai adalah Artikel Ilmiah dimuat di Jurnal di Published, Hak Kekayaan Intelatual terdaftar, Publikasi pada media cetak/online terbit dan Publikasi pada media sosial/youtube terbit.

Copyrights © 2023