Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 6 No 2 (2024): Jambura Early Childhood Education Journal

Pengaruh Konsep Diri terhadap Kemampuan Sosial pada Anak Usia Dini

Maimanah, Ashabul (Unknown)
Sitorus, Ahmad Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh konsep diri terhadap kemampuan sosial anak usia dini di Desa Bandar Khalifah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Konsep diri, yang mencakup pemahaman anak terhadap dirinya sendiri dan karakteristik individu, dianggap krusial dalam membentuk kemampuan sosial yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana untuk menganalisis data dari 83 anak TK yang dipilih secara acak dari populasi 480 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan sosial anak. Data analisis menunjukkan bahwa setiap peningkatan dalam konsep diri anak berhubungan positif dengan peningkatan kemampuan sosial mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya mengembangkan konsep diri positif pada anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan sosial mereka, termasuk interaksi, komunikasi, dan kerjasama dengan teman sebaya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua tentang bagaimana mendukung perkembangan konsep diri anak guna memperbaiki kemampuan sosial mereka. Implikasi praktis mencakup penerapan metode pembelajaran edutainment yang dapat meningkatkan kesadaran diri anak, serta mengintegrasikan strategi pengembangan konsep diri dalam program pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...