Jurnal Edukasi Biologi
Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi

[Retracted] Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi

Asrinawati, Asrinawati (Unknown)
Zulfah, Kayla Fatimah (Unknown)
Sihotang, Selestina Rebacca (Unknown)
Hasanah, Tafrijiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Memilih model pembelajaran yang tepat memiliki dampak terhadap hasil belajar sehingga sangat penting bagi tenaga pengajar untuk menerapkan model pembelajaran sesuai dengan setiap materi pembelajaran. Model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk pelajaran biologi. Pembelajaran dengan model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa pada suatu kesimpulan dengan mendalami konsep, arti, dan hubungan dalam suatu materi. Adapun penelitian ini ditujukan untuk menguji tingkat efektivitas penggunaan model discovery learning pada pelajaran biologi dengan melihat hasil belajar setelah diterapkannya model tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur yang merupakan bagian dari pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil studi literatur diketahui bahwa penggunaan model Discovery Learning dengan atau tidak disertai penunjang media pembelajaran lainnya, dalam pembelajaran siswa mempunyai efektivitas yang baik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Biologi. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi setelah menggunakan paradigma Discovery Learning. Sehingga dari hasil temuan studi literatur dapat disimpulkan dengan adanya penggunaan model Discovery Learning untuk pembelajaran Biologi, dapat berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...