Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa kinerja persimpangan bersinyal di kawasan komersil perkotaan dengan menggunakan metode MKJI 1997. Lokasi penelitian persimpangan jalan Abdullah Daeng Sirua – Jalan Batua Raya – Jalan Taman makam Pahlawan. Kendaraan yang diamati diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, yaitu sepeda motor, kendaraan ringan dan kendaraan berat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai derajat kejenuhan tertinggi 1,4 terjadi pada jam sibuk sore dan terendah pada jam sibuk siang hari sebesar 0,8. Hubungan arus terhadap kapasitas, hubungan arus terhadap antrian, dan hubungan arus terhadap tundaan pada simpang bersinyal jalan Abdullah Daeng Sirua – Jalan Taman Makam Pahlawan – Jalan Batua Raya yaitu berbanding lurus dimana semakin besar nilai arus maka semakin besar pula kapasitas, antrian dan tundaan.
Copyrights © 2020