cover
Contact Name
Louise Elizabeth
Contact Email
pcej.civil.@ukipaulus.ac.id
Phone
+6282189112243
Journal Mail Official
pcej.civil@ukipaulus.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA PAULUS GEDUNG H KAMPUS UKI-Paulus Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan K.M. 13, Daya Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Paulus Civil Engineering Journal
ISSN : 27758613     EISSN : 27754529     DOI : https://doi.org/10.52722/pcej
Core Subject : Engineering,
Paulus Civil Engineering Journal (PCEJ) is a civil engineering scientific journal publishes every four months, March, June, September, and December. The first volume of PCEJ was published in 2019 with the mission of being a pioneer in publishing information media on the development of Civil Engineering research in Indonesia. As a national media, PCEJ can accommodate the need for media to disseminate the latest information and developments for researchers and Civil Engineering practitioners in Indonesia. Journal published by the Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Kristen Indonesia Paulus in the Online Journal System (OJS). The scope of the Journal includes the following areas: Structure Water resources Transportation, Environmental Engineering, Construction Engineering Management Geotechnics as well as other fields of science related to these fields.
Articles 702 Documents
Potensi Hidrologi Dan Tenaga AIR PLTA/PLTM Sungai Maros, Sulawesi Selatan Yelvius Data; Sitampang Bato’ Sau; Erni Rante Bungin; Benyamin Tanan
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1448.525 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i1.50

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah alternatif pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan potensi tenaga air. Pada penelitian ini dilakukan analisis hidrologi untuk mengetahui potensi tenaga air pada Sungai Maros. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data sekunder berupa data curah hujan dan data AWLR. Debit terbesar didapat pada alternatif 1 dengan rata-rata sebesar 16,43 m3/detik dengan Q90 sebesar 1,819 m3/det dan Q95 sebesar 1,482 m3/det, pada alternatif 2 debit rata-rata sebesar 10,41 m3/det dengan Q90 sebesar 1,152 m3/det dan Q95 sebesar 0,938 m3/det, dan pada alternatif 3 debit rata-rata sebesar 9,56 m3/det dengan Q90 sebesar 1,059 m3/det dan Q95 sebesar 0,862 m3/det.Untuk tenaga air potensi terbesar didapat pada alternatif 2 dengan potensi bangkitan untuk Q90 sebesar 150 Kw dan Q95 sebesar 122 Kw, pada alternatif 1 potensi bangkitan untuk Q90 sebesar 119 Kw dan Q95 sebesar 97 Kw, dan pada alternatif 3 potensi bangkitan untuk Q90 sebesar 138 Kw dan Q95 sebesar 113 Kw. Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk lokasi 1, 2, dan 3 dapat dibangun PLTA Mini. Kata Kunci : pembangkit listrik tenaga air; daerah aliran sungai; Sungai Maros.
Karakteristik Campuran Hot Rolled Sheet Wearing Coarse yang Menggunakan Batu Dari Buntao’ Toraja Utara Agus Tolla Londongsalu; Roy Haryanto Menge; Alpius; Benyamin Tanan
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.374 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i1.51

Abstract

Penggunaan batu gunung dari Desa Buntao’ masih terbatas untuk pondasi bangunan serta pasangan talut dan belum dimanfaatkan sebagai bahan dasar lapisan tipis aspal beton (LATASTON). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik batu gunung dari Desa Buntao’ sebagai komposisi campuran perkerasan LATASTON HRS-WC gradasi senjang dan semi senjang, dan mengetahui karakteristik Marshall, serta Indeks Kekuatan Sisa pada campuran tersebut. Metode penelitian melalui penelitian laboratorium yaitu pengujian Marshall. Hasil pengujian marshall diperoleh nilai karakteristik Marshall campuran LATASTON HRS-WC Gradasi Senjang dan Semi Senjang yaitu nilai VIM sebesar 5,62% (Senjang) dan 5,63% (Semi Senjang), nilai Stabilitas sebesar 1680,29 kg (Senjang) dan 1347,92 kg (Semi Senjang), nilai VMA sebesar 18,03% (Senjang) dan 18,14% (Semi Senjang) dan nilai flow sebesar 4,70 mm (Senjang) dan 4,40 mm (Semi Senjang) serta Kadar Aspal 7,6% (Senjang) dan 7,6% (Semi Senjang). Untuk nilai Indeks Kekuatan Sisa (Indeks Perendaman) dari hasil pengujian Marshall Immersion sebesar 93.73 % untuk Senjang, dan 97,48% untuk Semi Senjang. Kata Kunci : Batu Gunung Buntao; LATASTON HRS-WC; Karakteristik Marshall
Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Antang Raya Kota Makassar Henry. S. M. Pirade; Indra .S Kato; Rais Rahman
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.309 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i1.52

Abstract

Ruas perkotaan Jalan Antang Raya ini cukup padat pada waktu tertentu dengan parkir kendaraan dan angkutan umum yang menurunkan penumpang di sepanjang jalan, ditambah jumlah pejalan kaki yang berjalan atau menyeberang sepanjang segmen jalan, dan jumlah kendaraan bermotor yang masuk keluar ke/dari lahan samping jalan serta arus kendaraan yang bergerak lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hambatan samping adalah penyebab kemacetan pada ruas Jalan Antang Raya, atau arus yang datang ke ruas Jalan Antang Raya yang besar. Hambatan samping yang terjadi pada ruas jalan Antang Raya segmen Misi Depo Bangunan- Stikes Mega Rizky tergolong dalam kelas sangat tinggi dengan rata-rata total puncak hambatan samping sebesar 1289,87 kejadian terbobot. Penyumbang hambatan samping terbesar adalah kendaraan yang keluar masuk bahu jalan dengan presentasi 55,4%, sedangkan pejalan kaki, kendaraan parkir atau berhenti, dan kendaraan lambat dengan total presentasi 44,6%. Kata Kunci : ruas perkotaan; hambatan samping; kendaraan bermotor; pejalan kaki.
Pengaruh Penggunaan Serat Rotan Terhadap Stabilitas Dan Durabilitas Untuk Bahan Tambah Campuran Lataston Juinto Siada Putra; Risal Alfin Inrinto; Rais Rahman; Monika.D.M. Palinggi
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.543 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i1.53

Abstract

Salah satu perkerasan jalan yang sering digunakan di Indonesia yaitu campuran Lataston. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap karakteristik campuran Lataston HRS-WC dan HRS-BASE dengan memanfaatkan serat rotan sebagai bahan tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik bahan perkerasan dengan penambahan serat rotan memenuhi spasifikasi sebagai bahan lapisan perkerasan jalan. Hasil uji Marshall diperoleh karakteristik campuran Lataston HRS-WC dengan kadar serat rotan 10% mendapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) / durabilitas sebesar 94,77% dan Lataston HRS-BASE dengan kadar serat rotan 10% mendapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) / Durabilitas sebesar 92,48%. Kata Kunci : Lataston HRS-WC; HRS-BASE; Serat Rotan; Karakteristik Marshall Konvesional; Marshall immertion.
Penggunaan Abu Batu Gamping Sebagai Bahan Pembuatan Bata Ringan Dian S. Tondok; Rio Mastor
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.459 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i1.54

Abstract

Bata ringan dituntut menjadi pengganti batu bata merah konvensional karena beratnya yang ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan abu batu gamping dengan variasi 0 %, 10 %, 15 % dan 20 % dan foam agent 40% terhadap bata ringan. Pengujian bata ringan meliputi berat jenis, penyerapan, dan kuat tekan bata ringan. Benda uji berukuran 20 x 10 x 5 cm sebanyak 36 benda uji . Hasil uji nilai berat jenis variasi abu batu gamping 0% ,10%, 15%, 20% berturut-turut 1103,333 kg/m3, 1160 kg/m3, 1200 kg/m3, 1226,667 kg/m3 termasuk beton ringan kelas V berdasarkan ASTM C-495, dan hasil uji kuat tekan pada 28 hari berturut-turut 0,583 MPa, 0,667 MPa, 0,917 MPa, 1 MPa , maka kadar optimum adalah 20% yakni sebesar 1 Mpa termasuk beton ringan kelas V, serta penyerapan air berturut-turut sebesar 17,228%, 16,103%, 15,839%, 15,782% memenuhi penyerapan maksimum 25 %. Kata Kunci : bata ringan CLC, abu batu gamping, berat jenis, penyerapan
Pengujian Batu Apung Sebagai Filler Pada Campuran Hrs-Base Meitari, M.T.A; Morai, S; Alpius; Charles Kamba
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3299.355 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i1.55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan abu batu apung dari Tidore Provinsi Maluku Utara sebagai pengganti filler pada campuran Lataston HRS-Base bergradasi senjang dan semi senjang. Metode pengujian, yaitu berat jenis filler abu batu apung, uji Marshall Konvensional dan Marshall Immertion. Melalui uji Marshall diperoleh nilai karakteristik campuran Lataston HRS-Base bergradasi senjang dan semi senjang. Hasil pengujian Marshall Immertion campuran Lataston HRS-Base bergradasi senjang dan semi senjang dengan menggunakan kadar filler optimum didapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) / Durabilitas campuran sebesar 90,86% dan 91,49% yang berarti melampaui syarat batas yaitu ≥90% sehingga campuran tahan terhadap perendaman dalam air Kata Kunci : Abu batu apung, Lataston HRS-Base, Pengujian Marshall.
Karakteristik Campuran AC-WC dan AC-BC Menggunakan Bahan Tambah Serat Ijuk Yudi I; Angga I; Alpius
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52722/pcej.v1i2.56

Abstract

Salah satu perkerasan jalan yang sering digunakan di Indonesia yaitu Campuran Laston. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap karakteristik campuran Laston AC-WC dan AC-BC dengan memanfaatkan serat ijuk sebagai bahan tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik bahan perkerasan dengan penambahan serat ijuk memenuhi spasifikasi sebagai bahan lapisan perkerasan jalan. Hasil uji Marshall diperoleh karakteristik campuran Laston AC-WC dengan kadar serat ijuk 2% mendapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) sebesar 94.04% dan Laston AC-BC dengan kadar serat ijuk 1% mendapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) sebesar 91,14%. Kata Kunci : Laston AC-WC dan AC-BC, Serat Ijuk, dan Karakteristik Marshall Konvesional dan Marshall Immertion
Karakteristik Penumpang Angkutan Umum Kota Trayek Sudiang - Sentral Kota Makassar Stanis Alfrian Samban; Astry Wahyuni Mangoli; Rais Rahman; Nur Ali
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1025.303 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i2.57

Abstract

Ukuran pelayanan yang baik adalah pelayanan yang aman, cepat, murah dan nyaman. Faktor keamanan, kenyamanan, keandalan, kemudahan akses, dan kecepatan adalah parameter bagaimana suatu sistem transportasi dapat dinyatakan baik atau tidak. Secara tegas dapat dikatakan, transportasi juga didorong karena adanya peningkatan nilai dari benda atau orang apabila ada perpindahan dari tempatasal ke tempat tujuan. Tujuan untuk mengetahui karakteristik penumpang dan karakteristik perjalanan dengan menguji variabel penumpang dan variabel perjalanan. Hasil dari penelitian ini adalah variasi penumpang pada pagi hari sangat bervariasi dengan persentase terbesar didominasi oleh perempuan, begitu juga dengan siang dan sore hari persentase terbesar didominasi oleh perempuan. Variabel perjalanan pada pagi hari juga sangat bervariasi dengan persentase terbesar didominasi oleh rantai perjalanan, pada siang hari oleh waktu tempuh saat macet, dan pada sore hari oleh frekuensi menggunakan mikrolet.
Pelayanan Penumpang Angkutan Umum Kota Trayek Sudiang - Sentral Kota Makassar Ismawati Tandirerung; Jumeitri Ramba; Rais Rahman; Nur Ali
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.314 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i2.58

Abstract

Angkutan umum perkotaan sebagai salah satu bagian dari transportasi merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat kota dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan kota pada umumnya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan penumpang angkutan umum kota (mikrolet) pada trayek Sudiang – Sentral Makassar. Pengguna jasa angkutan umum kota (mikrolet) lebih dominan perempuan dimana rentang umurnya 20-29 tahun dan pendidikan terakhir yaitu SLTA dengan jenis pekerjaannya yaitu wiraswasta yang berpenghasilan di atas lima juta. Moda yang digunakan yaitu angkutan kota dengan jarak tempuh sejauh 10-15 km dan waktu tempuh 21-30 menit dimana rantai perjalanannya dari rumah ke kantor dengan biaya Rp 250.000-Rp 400.0000. Rata-rata responden tidak puas terhadap kinerja angkutan umum kota (mikrolet) hal ini dapat dilihat dari kecepatan waktu, kemampuan menghindari kemacetan dan daya jelajah yang masih rendah. Kata Kunci : angkutan umum, kepuasan penumpang, tingkat pelayanan kinerja
Pemanfaatan Agregat Sungai Wanggar Kabupaten Nabire Sebagai Bahan Campuran AC-WC dan AC-BC Fani L; Irianto; Alpius
Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil UKI Paulus-Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.121 KB) | DOI: 10.52722/pcej.v1i2.59

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji karakteristik campuran Laston AC-WC dan AC-BC dengan batu dan pasir dari Sungai Wanggar. Metodologi dalam penelitian ini adalah melakukan serangkaian pengujian karakteristik berupa agregat kasar, halus dan filler lalu merancang komposisi campuran kemudian pembuatan benda uji berupa campuran Laston AC-WC dan AC-BC serta pengujian Marshall untuk mendapatkan karakteristik campuran dan pengujian Marshall Immertion untuk mendapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) / Durabilitas campuran yang berkadar filler optimum.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik bahan perkerasan dengan mengunakan batu apung sebagai filler memenuhi spesifikasi sebagai bahan lapisan perkerasan jalan. Melalui uji Marshall diperoleh karakteristik campuran Laston AC-WC dengan kadar aspal 6,50% dan Laston AC-BC dengan kadar aspal 5,14%. Hasil pengujian Marshall Immertion campuran Laston AC-WC dan Laston AC-BC mendapatkan Indeks Perendaman (IP) / Indeks Kekuatan Sisa (IKS) sebesar 95,11% dan 94,41% yang berarti melampaui syarat batas yaitu ≥90% sehingga campuran tahan terhadap perendaman dalam air. Kata Kunci : Karakteristik, Campuran Laston AC-WC dan AC-BC, Agregat Wanggar Kabupaten Nabire.

Page 1 of 71 | Total Record : 702


Filter by Year

2019 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 3 (2025): Paulus Civil Engineering Journal V7N3 2025 Vol. 7 No. 2 (2025): Paulus Civil Engineering Journal V7N2 2025 Vol. 7 No. 1 (2025): PCEJ Vol.7, No.1, Maret 2025 Vol. 7 No. 4 (2025): Paulus Civil Engineering Journal, Vol.7, No.4 Vol. 6 No. 4 (2024): PCEJ Vol.6, No.4, Desember 2024 Vol. 6 No. 3 (2024): PCEJ Vol.6, No.3, September 2024 Vol. 6 No. 2 (2024): PCEJ Vol.6, No.2, June 2024 Vol. 6 No. 1 (2024): PCEJ Vol.6, No.1, March 2024 Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023 Vol. 5 No. 3 (2023): PCEJ Vol.5, No.3, September 2023 Vol. 5 No. 2 (2023): PCEJ Vol.5, No.2, June 2023 Vol. 5 No. 1 (2023): PCEJ Vol.5, No.1, March, 2023 Vol 5 No 3 (2023): Paulus Civil Engineering Journal Volume 5, No.3 Vol 5 No 2 (2023): Paulus Civil Engineering Journal, Volume 5, No.2 Vol 5 No 1 (2023): Paulus Civil Engineering Journal, Volume 5, No.1 Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022 Vol. 4 No. 3 (2022): PCEJ, Vol.4, No.3, September 2022 Vol. 4 No. 2 (2022): PCEJ, Vol.4 No.2, June 2022 Vol 4 No 1 (2022): Volume 4 No.1, Maret 2022 Vol. 4 No. 1 (2022): PCEJ, Vol.4, No.1, March 2022 Vol 4 No 4 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No. 4 Vol 4 No 3 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No.3 Vol 4 No 2 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No.2 Vol. 3 No. 4 (2021): PCEJ, Vol.3, No.4, December 2021 Vol 3 No 4 (2021): Volume 3 No.4 Desember 2021 Vol. 3 No. 3 (2021): PCEJ, Vol.3, No.3, September 2021 Vol 3 No 3 (2021): PCEJ, Vol.3, No.3, 2021 Vol 3 No 2 (2021): Paulus Civil Engineering Journal Volume 3, Nomor 2, Juni, 2021 Vol. 3 No. 2 (2021): PCEJ, Vol.3, No.2, June 2021 Vol 3 No 1 (2021): Volume 3, No.1, Maret 2021 Vol. 3 No. 1 (2021): PCEJ, Vol.3, No.1, March 2021 Vol. 2 No. 4 (2020): PCEJ, Vol.2, No.4, December 2020 Vol 2 No 4 (2020): Volume.2 No.4, Desember 2020 Vol. 2 No. 3 (2020): PCEJ, Vol.2, No.3. September 2020 Vol 2 No 3 (2020): Volume 2, No.3, September 2020 Vol 2 No 2 (2020): Volume 2 No.2, June 2020 Vol. 2 No. 2 (2020): PCEJ, Vol.2, No.2, June 2020 Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 No.1, Maret 2020 Vol. 2 No. 1 (2020): PCEJ, Vol.2, No.1, March 2020 Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019 Vol. 1 No. 2 (2019): PCEJ, Vol.1, No.2, December 2019 Vol. 1 No. 1 (2019): PCEJ, Vol.1, No.1, September 2019 Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019 More Issue