Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Edukasi

Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Enjela, Bela Ocvi (Unknown)
Miranda, Dian (Unknown)
Amalia, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Global Maju Khatulistiwa Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk eksperimen dengan desain penelitian Pre eksperimental desain one group pretest-posttest. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 11 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, daftar checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data untuk mengetahui data apakah berdistribusi normal kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana, uji t (t-test) dan dilakukan uji effect size. Didapatkan nilai rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak sebelum penggunaan media video animasi adalah 5,55 serta setelah penggunaan media video animasi adalah 8,82. Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pada uji regresi linear sederhana sebesar 0,00 yang artinya media video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berhitung permulaan. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,814 yang artinya pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berhitung permulaan anak adalah sebesar 81,4%. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung ttabel (6.267 1,833), maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam uji Effect Size diperoleh nilai 4,160 1,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi berpengaruh kuat terhadap kemampuan berhitung permulaan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...