Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video animasi dalam mengenal pengetahuan tema binatang buas pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hikmah Tayan Hilir. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 19 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Alat pengumpulan data meliputi lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan media video animasi berpotensi memperkenalkan kosa kata, antara lain menarik perhatian, memudahkan pemahaman, dan memotivasi masyarakat untuk aktif belajar. (2) Menarik perhatian terlihat ketika peserta didik dapat memperhatikan dan fokus ketika menonton video yang ditayangkan, menyikapi video tersebut dengan mengulang-ulang kata-kata dalam video tersebut dan proses pembelajaran berjalan lancar. (3) Memudahkan pemahaman ketika peserta didik dapat menyebutkan nama, huruf awal dan ciri-ciri setiap hewan pembohong. (4) Motivasi aktif dalam belajar terlihat ketika peserta didik antusias berdiskusi dengan guru dan teman sebaya serta bertanya pada saat pembelajaran.
Copyrights © 2024