Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi mengenai peran guru dalam membentuk karakter religius pada anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK IT Al-Mumtaz Pontianak Kota. Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya peran guru dalam membentuk karakter religius melalui metode pembiasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini mengumpulkan informasi mengenai peran guru dalam membentuk karakter religius pada anak usia dini melalui metode pembiasaan. Partisipan penelitian ini berjumlah 3 orang guru yang mengajar di TK IT Al-Mumtaz kelompok B2, B4, dan B7. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di lakukan yaitu data collection (koleksi/pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan Conclusion drawing (kesimpulan data). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa peran yang digunakan guru dalam pembentukan karakter religius melalui metode pembiasaan pada anak usia dini di TK IT Al-Mumtaz Pontianak Kota yaitu dengan menggunakan peran guru sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator dalam membentuk karakter religius pada anak melalui metode pembiasaan. Peran tersebut sudah efektif dilaksanakan.
Copyrights © 2024