Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 5 (2024): Jurnal Edukasi

Peran Guru dalam Membentuk Karakter Religius pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan di TK-IT Al-Mumtaz Pontianak Kota

Aisyah, Siti (Unknown)
Halida, Halida (Unknown)
Lukmanulhakim, Lukmanulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi mengenai peran guru dalam membentuk karakter religius pada anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK IT Al-Mumtaz Pontianak Kota. Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya  peran guru dalam membentuk karakter religius melalui metode pembiasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini mengumpulkan informasi mengenai peran guru dalam membentuk karakter religius pada anak usia dini melalui metode pembiasaan. Partisipan penelitian ini berjumlah 3 orang guru yang mengajar di TK IT Al-Mumtaz kelompok B2, B4, dan B7. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di lakukan yaitu data collection (koleksi/pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan Conclusion drawing (kesimpulan data). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi  menunjukkan bahwa peran yang digunakan guru dalam pembentukan karakter religius melalui metode pembiasaan pada anak usia dini di TK IT Al-Mumtaz   Pontianak Kota yaitu dengan menggunakan peran guru sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator dalam membentuk karakter religius pada anak melalui metode pembiasaan. Peran tersebut sudah efektif dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...