Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang metode pembiasaan dalam menanamkan karakter peduli sosial pada anak di Tk Gembala Baik Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelompok B di Tk Gembala Baik Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahaan data yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan 3 (hal), bahwa: (1) Metode pembiasaan dalam menanamkan karakter peduli sosial dengan keteladanan pada anak di TK Gembala Baik Pontianak,( 2) Metode pembiasaan dalam menanamkan karakter peduli sosial yang dilakukan secara rutin pada anak di TK Gembala Baik Pontianak, (3) Metode pembiasaan dalam menanamkan karakter peduli sosial secara spontan pada anak di Tk Gembala Baik Pontianak. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kegiatan pembiasaan yang dioleh guru untuk menanamkan pembiasaan karakter peduli pada anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2024