Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Edukasi

Pengaruh Media Mathematical Intelligence Stick terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Kelompok B

Novianti, Lili (Unknown)
Miranda, Dian (Unknown)
Amalia, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Kemampuan berfikir simbolik merupakan sebuah kemampuan dalam membayangkan sebuah objek yang tidak ada dihadapannya. Media mathematical intelegence stick merupakan salah satu media yang berperan penting dalam mengembangkan kemampuan berfikir simbolik bagi anak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan berfikir simbolik anak kelompok B. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang merupakan penelitian berupa angka-angka yang diukur menggunakan statistik.Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen design dengan menggunakan rancangan one group pretest-postest. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar cheklist dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan berfikir simbolik anak kelompok B yang dapat dilihat dari hasil pretest penelitian mendapatkan rata-rata skor 3,2. Setelah melakukan pembelajaran menggunakan media mathematical intelligence stick mendapatkan rata-rata skor 3,8. Setelah itu dilihat dari hasil uji cohen’s, yang digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan berfikir simbolik anak diperoleh nilai sebesar 0,49 yang bearti bahwa pengaruh yang diperoleh media mathematical intelligence stick terhadap kemampuan berfikir simbolik termasuk kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...