Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): Maret : IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Implementasi Evaluasi Portofolio Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 3 Surakarta

Rizky Nur Utami (Unknown)
Anggraini Putri Rahmawati (Unknown)
Faturrohman Majid (Unknown)
Nurul Latifatul Inayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran portofolio di SMP Negeri 3 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu wawancara dengan guru PAI inisial U. Wawancara dilakukan dengan menyiapkan beberapa pertanyaan yang sesuai dengan kajian penelitian ini kemudian disampaikan kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMP Negeri 3 Surakarta telah melakukan kegiatan evaluasi portofolio. bentuk dari kegiatan evaluasi portofolio meliputi praktek bab yang menjadi materi pembelajaran diskusi antar kelompok dan portofolio tugas-tugas yang diberikserta tugas khusus yang dilakukan. Evaluasi yang dilakukan melalui rubrik penilaian yang sudah dibuat serta tugas khusus yang dilakukan guru PAI yaitu mmebuat daftar pelaksanaan sholat dan mengjadi selama dirumah. Hal ini menjadi penilaian tambahan pada akhir semester yang dapat membantu mendongkrak nilai mata pelajaran PAI. Hambatan yang dialami saat melaksanakan evaluasi portofolio yaitu keteledoran siswa dalam mengerjakan tugas dan terkendalanya durasi persiapan kegiatan praktek PAI. Kata Kunci: Evaluasi Portofolio, Rubrik Penilaian, Guru PAI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IHSANIKA

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Pendidikan Islam Berbasis Al Quran dan HaditsMedia, Metode, strategi, Pemanfaatan Teknologi dan Sumber Belajar dalam Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, Penelitian tentang Pendidikan Islam, Isu tentang ...