Revolusi Industri 4.0 menuntut guru untuk menggunakan media pembelajaran yang variatif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan membuat animasi bergerak beserta materi dan penjelasannya yang dinamakan Moduldroid dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran fisika berbentuk Moduldroid tentang Hukum III Newton sebagai alternatif bagi media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep Hukum III Newton. Pengujian dilakukan di salah satu sekolah di Kota Salatiga dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan data penilaian observer terhadap penggunaan Moduldroid oleh siswa, didapatkan bahwa siswa dapat dengan mudah mengoperasikan dan paham dengan penjelasan materi pada Moduldroid. Selain data tersebut, ada juga data penilaian siswa terhadap Moduldroid yang menunjukkan Moduldroid layak untuk digunakan dan dapat menjadi solusi belajar alternatif peserta didik dengan tingkat ketercapaian 93%. Berdasarkan data tersebut, Moduldroid dapat membantu guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih kreatif, inovatif.
Copyrights © 2023