LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran
Vol 4 No 1 (2023): LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran

Pengembangan Model Pembelajaran Sastra untuk Bahasa Indonesia yang Menginspirasi Siswa

Muslihatun, Muslihatun (Unknown)
Hayyi, Abdul (Unknown)
Mukhlisin, Lalu (Unknown)
Hasanuddin, Hasanuddin (Unknown)
Misnawati, Misnawati (Unknown)
Murcahyanto, Hary (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sastra yang dapat meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menerapkan model pembelajaran sastra yang dikembangkan kepada siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan sebelum dan setelah penerapan model, dan hasilnya dianalisis untuk menilai efektivitas model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran sastra serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan model pembelajaran sastra. Simpulannya adalah bahwa pengembangan model pembelajaran sastra efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Model Pembelajaran Sastra, Motivasi Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LITERATUR

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of language science, literature and teaching, language teaching and ...