LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran
Vol 4 No 1 (2023): LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran

Diferensiasi Produk Sebagai Asesmen Alternatif Bagi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Misnawati, Misnawati (Unknown)
Hayyi, Abdul (Unknown)
Muslihatun, Muslihatun (Unknown)
Mukhlisin, Lalu (Unknown)
Hasanuddin, Hasanuddin (Unknown)
Murcahyanto, Hary (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan diferensiasi produk sebagai asesmen alternatif bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, di mana dua kelompok siswa diberikan perlakuan berbeda dalam pembelajaran, yaitu kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen yang mengalami pembelajaran dengan diferensiasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diferensiasi produk dalam asesmen mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa diferensiasi produk dapat menjadi alternatif asesmen yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa. Kata Kunci: Asesmen alternatif, Diferensiasi produk, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LITERATUR

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of language science, literature and teaching, language teaching and ...