Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE)
2021: Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE)

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjunganom Kabupaten Nganjuk melalui Implementasi Metode Cooperative Learning Jigsaw pada Tahun Pelajaran 2016/2017

Husnul Hidayah (Unknown)
Miftahuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan metode Cooperative Learning Jigsaw terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjunganom Kabupaten Nganjuk pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pretest posttest control group. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning Jigsaw secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran di madrasah, khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidik dan pengambil kebijakan untuk lebih mengintegrasikan metode Cooperative Learning Jigsaw dalam kurikulum madrasah guna mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psnp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE)- Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri Prosiding dan Seminar Nasional Pendidikan merupakan media publikasi ilmiah yang telah dipresentasikan dalam seminar Nasional yang diadakan oleh Program Pascasarjana Universitas Islam ...