Penelitian ini bertujuan untuk membahas: (1) Tata cara meningkatkan kemampuan paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan. (2) Model Problem Based Learning (PBL) bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan paribasa Bali siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan. (3) Pendapat siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan tentang model Problem Based Learning (PBL) yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan paribasa Bali. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan. Objek pada penelitian ini adalah pembelajaran paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan objek yang menunjukkan produk adalah kemampuan siswa dalam paribasa Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes kemampuan siswa, dan kuesioner. Hasil penelitian meliputi: Penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kemampuan test siswa meningkat, pada nilai awal paribasa Bali sebelum menggunakan model Problem Based Learning adalah 61,05 atau 8,33% yang tuntas. Setelah menjalankan siklus I, yang didapatkan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) adalah 73,19 atau 38,8%, dalam siklus I ini, siswa belum dikatakan tuntas. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II dengan mendapatkan perolehan 87,69 atau 100% tuntas. Peningkatan juga terjadi pada pendapat siswa di pembelajaran paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan sebanyak 4,73%. Model Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil literature review memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan dan minat belajar peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Paribasa Bali
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023