Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research
Vol. 3 No. 2 (2024): Volume 3 Nomor 2 September 2024

Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa

Siswanto, Deny Hadi (Unknown)
Wahyuni, Nur (Unknown)
Alghiffari, Eka Kevin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Meningkatnya pengguna TikTok di kalangan siswa sekolah menengah atas di Indonesia akan berdampak pada pembelajaran mereka, khususnya dalam keterampilan digital dalam matematika. Keterampilan berhitung sangat penting karena membantu siswa mengatasi tantangan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak penggunaan TikTok terhadap kemampuan berhitung siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan kelas tunggal dan menggunakan sampling jenuh untuk menentukan besar sampel. Instrumen penelitian terdiri dari tes dengan 5 soal pretest dan posttest. Dalam penelitian ini pengaruh penggunaan TikTok dianalisis dengan memeriksa skor pretest dan posttest siswa, kemudian menggunakan uji hipotesis dengan membandingkan rata-rata skor pretest dan posttest, selanjutnya diperkuat dengan menggunakan N-Gain. Hasil pretest menunjukkan rata-rata skor 51,11 dan hasil posttest menunjukkan rata-rata skor 85,16 menunjukkan peningkatan sebesar 30,45%. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan signifikansi < 5% (0,00 < 0,05). Sedangkan skor N-Gain sebesar 0,62 termasuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan TikTok berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berhitung matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjmsr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda) since 2022. This journal was established to provide up-to-date knowledge in the fields of mathematics and science (physics, chemistry, biology) widely to all ...