Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni

Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Peta Konsep Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Poniasari, Devi (Unknown)
Chairiyah, Chairiyah (Unknown)
Pratomo, Wachid (Unknown)
Nadziroh, Nadziroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berbasis Peta Konsep untuk siswa kelas V SD Negeri Jarakan Sewon Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen diuji oleh ahli materi dan ahli media, sementara produk diujicobakan menggunakan instrumen uji coba. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PPKn berbasis Peta Konsep untuk kelas V SD Negeri Jarakan Sewon Bantul dinilai "Sangat Layak". Penilaian ahli media mencapai 98,33% dengan kategori "Sangat Baik", sedangkan penilaian ahli materi mencapai 96,67% dengan kategori "Sangat Layak". Guru kelas V memberikan penilaian rata-rata sebesar 90% dengan kategori "Sangat Layak". Respon peserta didik terhadap uji coba produk menunjukkan rata-rata persentase 100%, menunjukkan bahwa Peta Konsep dalam pembelajaran PPKn memiliki kriteria "Sangat Menarik".

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...