Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2024): Februari

Pengembangan Media Video Interaktif Berbantuan Papan Pintar Kain Flanel Pada Materi Kosakata Untuk Siswa Sekolah Dasar

Krisidyawanti, Krisidyawanti (Unknown)
Chrisyarani, Denna Delawanti (Unknown)
Setiawan, Dwi Agus (Unknown)
Sulistyo, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan media video interaktif berbantuan papinkaf untuk materi kosa kata bagi siswa kelas 2 SD Negeri di Kabupaten Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, dengan subjek uji coba terdiri dari guru dan siswa kelas 2. Instrumen penelitian mencakup angket, observasi, dan wawancara, sementara teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media ini dinyatakan layak, dengan validasi ahli media mencapai 90,9%, ahli materi 95,8%, dan ahli bahasa 90,6%, yang semuanya masuk dalam kategori sangat layak. Media ini juga dinyatakan praktis, dengan penilaian dari guru sebesar 89,9% dan siswa 90,3%, menunjukkan bahwa media ini efektif digunakan dalam pembelajaran kosa kata. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi bahwa penggunaan media video interaktif berbantuan papinkaf dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pengembangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Hasil penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian lanjutan yang lebih mendalam terkait dampak jangka panjang penggunaan media interaktif dalam pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paidea

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paidea: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia merupakan jurnal penelitian yang menerbitkan beragam artikel dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memberikan peluang untuk melakukan diseminasi kepada berbagai kalangan yang lebih luas untuk berbagi informasi hasil penelitian ...