Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 2 (2024): Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

RASM QUR’AN (Proses Penulisan dan Pengklasifikasian Literatur Teks Qur’an)

rahman, auliya (Unknown)
Andi Miswar (Unknown)
Halimah Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber pedoman pertama dan yang tentunya paling utama yang diturunkan kepada umat nabi Muhammad saw. Al-qur’an diturunkan Allah swt kepada manusia tentunya sebagai petunjuk keselamatan bagi mereka yang menginginkan kebahagiaan dunia dan terlebih lagi di akhirat. Sebagai firman Tuhan dan mu’jizat bagi nabi Muhammad saw, tentu al-Qur’an disusun dan ditulis dengan penuh penjagaan dari Allah swt dan kehatia-hatian dari para shahabat dalam menyusun kitab al-Qur’an. Seiring dengan berjalannya waktu, al-Qur’an telah ditulis dalam bebarapa versi mushaf yang tersebar di seluruh dunia ini, tentu tidak terlepas dari metode yang ditetapkan para sahabat dalam menyusun dan menulis al-Qur’an itu sendiri. Penulisan al-Qur’an itu sendiri salah satunya didasari dengan perbedaan dialeg khusunya orang non-arab yang pada saat itu sudah ada yang masuk islam sehingga muncul ide para sahabat dalam meningkatkan metode penulisan agar al-Qur’an dapat dibaca dan dipahami diberbagai negara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASH

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universita Islam Makassar (UIM) dengan fokus dan ruang lingkup kajian Ilmu Pendidikan, Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan, Media Pembelajaran, Pemikiran Islam, Hukum Islam ...