Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2024): Mei

Pengunaan Lagu Anak-anak Sebagai Media Pembelajaran PAKEM untuk Perkembangan Kognitif Siswa

Meko, Emanuel Lambertus (Unknown)
Suprihatien, Suprihatien (Unknown)
Larasati, Diyas Age (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) untuk perkembangan kognitif siswa. Taksonomi Bloom menggolongkan tujuan pembelajaran menjadi tiga ranah: kognitif, afektif, dan psikomotorik (Magdalena dkk, 2020). Berdasarkan observasi awal di kelas 1B Sekolah Dasar Katolik Xaverius Surabaya, hasil belajar pada ujian semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas 1B belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah keterlibatan siswa yang pasif dalam proses pembelajaran, kurangnya kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan kreatif, serta kurangnya minat yang dibangkitkan. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Nilai rata-rata siswa kelas 1B masih rendah, dan mayoritas siswa merasa bosan dengan model pembelajaran yang monoton. Penerapan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran PAKEM bertujuan untuk mendorong keaktifan, kemandirian, dan tanggung jawab dalam diri siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

melior

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi ...