Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Tinta

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V

Febriyanti Sholikah, Khoirun Nissa (Unknown)
Anggit Grahito Wicaksono (Unknown)
Sarafuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Kurangnya variasi metode pembelajaran mengakibatkan murid tidak aktif dan nilai keahlian berpikir kritis murid minim. Dengan adanya masalah tersebut perlu Upaya guru menggunakan sebuah model belajar yang membangun ialah model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikur kritis murid. Pengkajian ini bertarget gune mengamati dampak model belajar problem based learning pada kemampuan berpikir kritis murid. Pengkajian ini bermetode kuantitaf secara berdesain pre-experimental dan pengkajian ini bersampel murid kelas V SD Islam Darussalam Surakarta. Untuk penghimpunan datanya memakai tes, observasi, serta dokumen. Perolehan pengkajian ini ditarik simpulan bila dengan memakai model belajar problem based learning ada pengaruh pada kemampuan berpikir kritis murid kelas V Mata Pelajaran IPAS SD Islam Darussalam Surakarta. Diberi fakta dari sig (2 tailed) < 0,05 ialah 0,000 dan perolehan thitung sebesar 12,295 > ttabel sebesar > 2,055. Diasumsikan Ho ditolak serta Ha diterima, sebutan lainnya membenarkan hipotesis bila terdapat dampak signifikan pemakain model belajar problem based learning pada kemampuan berpikir kritis kelas V SD Islam Darussalam Surakarta tahun pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...