Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Tinta

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V

Feni Nur Azaria (Unknown)
Anggit Grahito Wicaksono (Unknown)
Sarafuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Pengkajian ini bertarget guna mengamati terdapat tidaknya dampak model belajar kooperatif tipe Think Pair Share pada kemampuan berpikir kritis untuk pelajaran IPAS murid kelas V SD N Gandekan Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengkajian ini berjenis kuantitatif yang berdesain one group pretest posttest. Total populasi dipengkajian ini sejumlah 28 murid. Untuk menganalisa data dipengkajian ini memakai pengujian prasyarat normalitas Shapiro Wilk, serta pengujian hipotesis memakai paired sample t test. Melalui perolehan analisa data statistic memakai media SPSS versi 26 didapati kisaran awal dilaksanakanya treatment yang hasilnya sejumlah 61,3 serta sesudah dilaksanakan treatment memperoleh 78,6. Dari pengujian paired sample t test mendapati sign sejumlah 0,000, dimaknai 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis menjabarkan bila terdapat dampak model belajar kooperatif tipe Think Pair Share pada kemampuan berpikir kritis terhadap pembelajaran IPAS kelas V SD N Gandekan Surakarta tahun pelajaran 2023/2024 dapat diterima kebenarannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...