Desain pembelajaran IPA dibuat untuk menjadi petunjuk dan arahan untuk guru IPA dalam mengajar. Tujuan penelitian desain pembelajaran IPA adalah untuk menghasilkan suatu rancangan pembelajaran IPA berbasis penyelesaian masalah yang cocok digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA materi zat aditif dan adiktif berwawasan literasi halal. Penelitian ini menggunakan metode research and developmentĀ (RnD) dengan menggunakan tahapan 4D yaitu define, design, develop, and dessiminate. namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap design. Hasil Penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran IPA berbasis penyelesaian masalah berhasil di rancang dengan sintaks problem solving materi zat aditif dan adiktif berwawasan literasi halal. Pembelajaran IPA berbasis penyelesaian masalah bersarkan hasil angket dan wawancara guru IPA menunjukan bahwa alokasi waktu, peneglolaan kelas, kegiatan pembelajaran IPA pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup belum terlaksana dengan baik masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan. validasi ahli menujukan bahwa dalam penyajian perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata rhitung 0.87 serta uji kelayakan perangkat pembelajaran dinyatakan layak dengan persentase kelayakan 86,78%.
Copyrights © 2024