MAXIMA
Vol. 1 No. 2 (2024): MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika

Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 2 Sungai Penuh

Nurul Asdamayanti (Unknown)
Atika Rahayu (Unknown)
Laswadi (Unknown)
Noperta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal tes bangun ruang sisi datar. Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal tes bentuk uraian dengan 5 buah butir soal. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII G SMPN 2 Sungai Penuh. Hasil penelitian diperoleh terdapat kategori yang digunakan hingga diperoleh kategori sedang pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada bagian kategori, kategori kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi dengan persentase 38,46%, selanjutnya kategori sedang 53,84%, dan kategori terendah dengan persentase 7,70%. Berikutnya berdasarkan indikator kemampuan diperoleh 23,04% siswa yang mampu memaparkan jawaban dari soal komunikasi matematis dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maxima

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

About the Journal MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open-access Nasional journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, ...