cover
Contact Name
Muhammad Hasan Asnawi
Contact Email
maxima@iaida.ac.id
Phone
+6285745058551
Journal Mail Official
maxima@iaida.ac.id
Editorial Address
Pon.Pes. Darussalam Blokagung 002/004 Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Jawa Timur-68491 Hp. 081234799076
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
MAXIMA
ISSN : -     EISSN : 30263832     DOI : https://doi.org/10.30739/maxima.v1i1.2495
Core Subject : Education,
About the Journal MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open-access Nasional journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, development in mathematics instruction, innovations in mathematics learning, and current trends issue in mathematics education research. MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various Countries in the Word that have high-quality on all topics related to current trends issue in mathematics education research to publish in this journal. Submitted papers must be written in English dan Bahasa Indonesia for the initial review stage by editors and further review process by Nasional and international reviewer. This Journal will be published two-issue per year in July and January. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika published by Faculty of Teacher Training and Education of Institut Agama Islam Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi, East Java, Indonesia with ISSN : 3026-3832 (media online)
Articles 25 Documents
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Latifah, Umisari
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2369

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantu media ular tangga terhadap materi tabung . Dengan jenispenelitian deskriptif kuantitatif desain one shot case study. Populasisiswa kelas IX SMP Unggulan AL Madinahdan KelasIX-Bsebagai sampel.Instrumeninimenggunakantes. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media ular tangga menunjukkan bahwa hasilnya efektif terhadap hasil belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi lengkung sub bab tabung dengan rata-rata 75,75
Efektivitas Discovery Learning Berbasis Etnomatematika dengan Eksplorasi Rumah Adat Bangka Belitung Rahmawati, Sri
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika dengan eksplorasi rumah adat Bangka Belitung pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-experimental design dalam bentuk one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa; 1) rata-rata hasil belajar siswa mencapai 82,1 dengan persentase ketuntasan klasikal di atas KKM sebesar 76,66%, 2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tergolong baik dengan skor rata-rata 81,25%, 3) aktivitas belajar siswa tergolong aktif dengan persentase skor sebesar 74,99%, dan 4) respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 81,08% dengan kriteria sangat positif.
Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Dengan Media Pembelajaran Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Mts Al Majidi Ahmad Sofiyullah; robisha zarifa ribaah; Felisa Asnawi; Ariyaningsih
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran probing prompting learning dengan media pembelajaran aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus presentase hasil pengamatan dan rumus presentase ketuntasan hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Al Majidi Selodakon Tanggul pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 18 siswa. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu model pembelajaran probing prompting learning dengan bantuan aplikasi GeoGebra sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai siswa pada siklus 1 yaitu 72,2% dan Pada siklus 2 yaitu 100%. Persentase nilai hasil lembar kerja siswa setiap kali pertemuan yaitu 83,3% pada pertemuan 1 dan 100% pada pertemuan kedua. persentase guru dan siswa pada pertemuan pertama yaitu 93,3% Kemudian pada pertemuan selanjutnya meningkat menjadi 100%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran probing prompting learning dengan bantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada persamaan garis lurus.
Analisis Mendalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pendekatan Tantangan manfaat Qohar, Moh. Abdul Qohar; Muhammad Hasan Asnawi; Siti Maysaroh; ajizatul fitria
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan matematis siswa di salah satu Madrasah tsanawiyyah di kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah diri sendiri, sedangkan instrumen pendukung berupa tes yang digunakan adalah 5 butir uraian tentang kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,73 dengan kategori baik. Adapun kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu sebanyak 27,27 % siswa kategori sangat baik, sebanyak 18,18 % kategori baik, sebanyak 27,27% siswa mencapai kategori cukup dan sebanyak 27,27% siswa kategori kurang. Berdasarkan pencapaian tiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh sebanyak 90,90 % siswa mampu memahami masalah, sebanyak 86,40 % siswa mampu menyusun rencana penyelesaian, sebanyak 72,72% siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian, serta sebanyak 72,72% siswa mampu memeriksa kembali. Tantangan dari pemecahan masalah yaitu siswa terlatih memahami soal yang belum pernah dijumpainya sebelumnya dan siswa mempunyai ketrampilan menghasilkan informasi yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Sedangkan manfaat dari pengalaman memecahkan masalah, antara lain adalah siswa menjadi (1) kreatif dalam berfikir; (2) kritis dalam menganalisa data, fakta dan informasi; (3) mandiri dalam bertindak dan bekerja”.
Analisis Self Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa: Self Efficacy Siswa Nur Azizah, Siti; Purnama Sari, Mega; M. Mahrus Asrori
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2510

Abstract

The background of this research is that there are students who do not like mathematics because students think mathematics is the most difficult subject in school. Many factors cause students to experience difficulties in learning mathematics so that they affect learning outcomes, both from within the student and from outside the student. This study aims to describe self-efficacy with high mathematical abilities, self-efficacy with moderate mathematical abilities, and self-efficacy with low mathematical abilities in solving mathematical problems. This research is a qualitative research. The subjects in this study were class VII students of SMP Nuris Jember, East Java. This study will analyze students' self-efficacy in solving social arithmetic math problems. Observations made are the results of student self-efficacy work and interviews with students. The collected settlement results will be analyzed using self-efficacy indicators. The results showed that the self-efficacy of students with high mathematical abilities could solve math problems well and meet all self-efficacy indicators. Students with moderate mathematical abilities can solve math problems well but only meet two indicators of self-efficacy, namely level and strength indicators. Students with low mathematical abilities have not been able to solve all the questions correctly and have not fulfilled all self-efficacy indicators.
Pembelajaran Matematika Integrasi (Materi Bilangan Pecahan dan Pengeluaran Zakat Mal Menurut Islam) Hurriyatul annisa; Moh. Miftakhul Ulum; Muhammad Hasan Asnawi; Nur Laili Arofah
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2024): MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i2.2569

Abstract

Mathematics has a close relationship with the Al-Qur'an and Hadith. Mathematics learning can be used to form education with an Islamic character because the mathematics learning process indirectly accustoms students to character according to the teachings of the Quran and Hadith. This research seeks to examine the integration of Islamic values and mathematics in order to form a generation with Islamic character. So that students can experience mathematics as part of life, every mathematics material that will be taught must be demonstrated with certain aspects that contain an understanding of religion in life, such as visual illustrations, tracing history, presenting mathematical concepts with an Islamic content. The purpose of this writing is to show how to integrate the Quran and hadith about zakat with mathematics learning about fractions. This integration concept can be used to develope mathematics teaching on fraction concepts by referring to four stages (1) knowing, (2) understanding, (3) applying, and (4) analyzing.
Systematic Literature Review: Islamic Integrated Maths from Hadith Alghar, Muhammad Zia; Radjak, Dwi Setiawati; Santoso, Ahmad
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2024): MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i2.2780

Abstract

Education in Indonesia aims to create students who are ethical, moral, and devoted to God Almighty. Islamic integrated mathematics learning is one of the bridges to achieve this goal. This research aims to discover and explore Islamic integrated mathematics derived from hadith. The systematic literature review method was used in this research. The data used were 20 scientific papers in the 2019-2023 range from the Google Scholar database obtained through the Publish and Perish application. Data was analyzed by identifying, reviewing, comparing, and interpreting all data. The results showed various hadith themes and mathematical concepts used in Islamic integrated mathematics. The results of this study can be helpful for teachers and lecturers as a learning resource to be applied in learning Islamic integrated mathematics.
Analisis kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis Sheilla Oktavia Putri; Rifqi, Nirvania; Intan Pertiwi; Cut Marissa Efnina Larashati; Saktya Wening Sasantri
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2024): MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i2.2789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan matematika siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang digunakannya ketika menyelesaikan aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dipadukan dengan teknik deskriptif untuk mengumpulkan data umum kemampuan matematika siswa. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VIII asal Magelang, dan hasilnya menunjukkan bahwa 94% siswa memenuhi kriteria baik, sedangkan 6% tidak memenuhi kriteria baik. Rata-rata jumlah siswa yang mampu menyelesaikan masalah adalah 98,18, dengan selisih 2,25 antara yang mampu dan tidak.
Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 2 Sungai Penuh Nurul Asdamayanti; Atika Rahayu; Laswadi; Noperta
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2024): MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i2.2836

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal tes bangun ruang sisi datar. Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal tes bentuk uraian dengan 5 buah butir soal. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII G SMPN 2 Sungai Penuh. Hasil penelitian diperoleh terdapat kategori yang digunakan hingga diperoleh kategori sedang pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada bagian kategori, kategori kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi dengan persentase 38,46%, selanjutnya kategori sedang 53,84%, dan kategori terendah dengan persentase 7,70%. Berikutnya berdasarkan indikator kemampuan diperoleh 23,04% siswa yang mampu memaparkan jawaban dari soal komunikasi matematis dengan baik.
PROBLEMATIKA DAN SOLUSI: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH RUTIN SISWA KELAS IX PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT Azizatul Maghfiroh
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2024): MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v2i1.2838

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika. Dengan terbiasa melatih kemampuan pemecahan masalah akan memberikan dampak tercapainya tujuan pembelajaran yang dimaksud. Semakin baik kemampuan pemecahan masalah maka akan semakin efisien dalam menemukan hasil akhir. Salah satu pembelajaran matematika memuat topik persamaan kuadrat yang menjadi penting karena menjadi dasar materi selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika kasus kemampuan pemecahan masalah rutin siswa smp kelas IX pada materi persamaan kuadrat sehingga didapatkan alternatif solusi yang efektif untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dipilih berdasarkan rekomendasi guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematika pada subjek dengan kemampuan sedang dan rendah karena belum mampu memecahkan masalah dengan prosedur lengkap sehingga memberikan kesimpulan yang tidak benar. Adapun alternatif solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu Teaching Through Problem Solving (TTP).

Page 1 of 3 | Total Record : 25