Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 5 No 1 (2024): Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, January-June 2024

Apakah Model Pembelajaran Conceptual Change dengan Konflik Kognitif dapat Mereduksi Miskonsepsi dan Meningkatkan Self Regulation?

Haka, Nukhbatul Bidayati (Unknown)
Apriyanti, Clara (Unknown)
Masya, Hardiyansyah (Unknown)
Handoko, Akbar (Unknown)
Citraningrum, Mivtha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Miskonsepsi dalam pembelajaran selalu menjadi permasalahan penting yang harus ditindak lanjuti, kesulitan peserta didik dalam memahami materi biologi, penggunaan pola piker intuitef dan tidak menggunakan pola pokor ilmiah menjadi sorotan penting. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Conceptual Change dengan konflik kognitif terhadap miskonsepsi dan self regulation peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis quasy-experiment dan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTS Negeri, dengan dua kelas menjadi sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes multiple choice dengan certainty of response indexs, angket self regulation, keseluruhan instrumen telah melalui tahapan analisis pokok uji. Hasil penelitian menunjukkan data reduksi miskonsepsi, pada kelas eksperimen nilai reduksi 40% menjadi 18% dan kelas kontrol nilai reduksi 42% menjadi 33% sedangkan self regulation mengalami peningkatan pada kelas eksperimen 56% (kurang ) menjadi 66% (cukup) dan kelas control 58% (kurang) menjadi 59% (cukup). Diketahui bahwa perolehan nilai uji t independent sig. (0.00) lebih kecil dari α 0.05 (0.00<0.05) dengan demikian artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan model Conceptual Change dengan konflik kognitif berpengaruh terhadap reduksi miskonsepsi dan peningkatan self regulation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...