Di Indonesia, kemampuan literasi numerasi peserta didik masih kurang atau cukup rendah, dan diperlukan peningkatan terus menerus. Menerapkan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ini. Tujuan dari abdimas ini adalah untuk memberikan gambaran terbaru tentang cara literasi dan numerasi digunakan dalam pembelajaran. Dalam abdimas ini, metode yang digunakan terdiri dari tiga tahap: (1) pra-rencanaan, di mana masalah diidentifikasi, dianalisis, dan dipilih alternatif pemecahan masalah; (2) perencanaan, di mana desain kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan hasil pra-rencanaan; dan (3) pelatihan, di mana semua perencanaan digunakan. Pemecahan masalah dalam kegiatan ini adalah transfer IPTEK dengan memberikan materi yang berguna berupa implementasi literasi dan numerasi dalam PBM yang merupakan solusi dari permasalahan mitra. Skor rata-rata yang diperoleh Guru saat pre test adalah 35 point dan skor rata-rata yang diperoleh Guru saat post test adalah 78,57 point, hal ini menandakan pelatihan literasi dan numerasi berjalan secara efektif. Dengan pelatihan ini guru dapat meningatkan Kemampuan dalam literasi dan numerasi.
Copyrights © 2024