Migrasi internasional, terutama di antara calon pekerja migran Indonesia yang menuju ke Jepang, telah menjadi fenomena sosial yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun motivasi ekonomi mendominasi keputusan mereka untuk bekerja di luar negeri, penting untuk mengakui bahwa aspek sosial dan budaya juga berperan penting. Kehilangan akar budaya dan identitas nasional selama tugas di luar negeri adalah masalah yang memerlukan perhatian khusus. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam para calon pekerja migran Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin mereka hadapi melalui wadah PT Multi Generasi Indonesia yang sangat memperhatikan citra Indonesia di mata dunia terhadap peserta yang diberangkatkan dari perusahaan ini. Perusahaan ini menyadari bahwa nilai-nilai nasionalisme dan pemahaman calon tenaga kerja tentang nilai-nilai nasional dapat memengaruhi citra Indonesia di mata dunia. Hasilnya menggaris bawahi kebutuhan perbaikan dalam kurikulum pelatihan tenaga kerja melalui lembaga penyaluran tenaga kerja, penekanan pada program pendampingan di negara tujuan, peran aktif keluarga dan masyarakat, dan peningkatan fokus pada nilai-nilai nasional. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pekerja migran tetap terhubung dengan budaya dan identitas Indonesia saat berada di luar negeri. Kegiatan ini memberikan landasan bagi perubahan dalam persiapan calon pekerja migran dan memperkuat peran mereka sebagai duta budaya Indonesia di mancanegara.
Copyrights © 2023