Journal of Learning and Technology
Vol. 2 No. 2 (2023): December 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Vincencia Kandam, Clementina (Unknown)
Shinta, Kharisma (Unknown)
Abadi, Machrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi sejauh mana model Project Based Learning (PjBL) berdampak pada motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Brawijaya Smart School Malang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran paradigma kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan kuesioner kepada siswa kelas VII. Data sekunder diperoleh dari studi literatur dan sumber online. Teknik pengumpulan data melalui Observasi interaksi guru dan siswa di kegiatan belajar mengajar. Penyebaran kuesioner dengan media Google Form yang diberikan kepada siswa dan dokumen pendukung. Setelah pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII. Sebanyak 70% responden melaporkan peningkatan motivasi setelah mengikuti PjBL. Meskipun demikian, 40% responden mengalami peningkatan yang tidak signifikan, menandakan perlunya pendampingan dan bimbingan berkelanjutan. Temuan ini menunjukkan bahwa model PjBL dapat menciptakan suasana kelas yang positif, namun perlu adanya pendekatan personal dan evaluasi terus-menerus untuk memaksimalkan manfaatnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jlt

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Learning and Technology (JLT) is a peer-reviewed journal that welcomes papers on all aspects of educational technology and learning. Topics may include, but are not limited to: learning theory and technology, cognition and technology, instructional design theory and application, ...