Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat
Vol 7, No 1 (2024): Vol. 7, No. 1 Juni 2024

Kontribusi Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Kuranji Padang

Rahmi, Azvi (Unknown)
Handriadi, Handriadi (Unknown)
Fatimah, Fatimah (Unknown)
Zeky, Serpuadi (Unknown)
Mulya, Rafil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kompetensi pedagogik guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di kelas, kompetensi pedagogic guru yang lemah akan mengakibatkan tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Kompetensi pedagogic ini merupakan kecakapan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk merancang dan merumuskan perangkat pembelajaran (RPP), apalagi saat sekarang kini guru sudah harus mampu mengimplementasikan modul ajar sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan saat kini. Sudah semaraknya usaha pemerintah memberikan pelatihan atau bimtek kepada guru guna untuk mengasah dan meningkatkan skill guru dalam merancang dan membuat modul ajar, tapi masih ditemukan sebagian guru yang mengcopy paste diinternet. Guru masih belum mampu mengembangkan bahan ajar serta penggunaan media yang sesuai. Masih minimnya kemampuan guru dalam menggunakan metode atau strategi yang tepat sesuai dengan kurikulum yang diterapkaan saat ini. Apalagi sekarang pembelajaran berbasis proyek, guru harus paham apa yang akan dicapai proyek tersebut sehingga dapat terseleseikan dengan baik. Masih ada sebagian guru yang belum mampu menguasai konsep materi yang akan diajarakan kepada peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai dengan maksimal. Kemampuan pedagogik guru ini masih perlu dipertajam agar tujuan pendidikan dikelas tersebut dapat tercapai sesuai dengan harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi KKG terhadap kompetensi pedagogic guru SDN Kuranji Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. Yang menjadi Sampel dalam penelitian ini yaitu guru SDN Kuranji Kota Padang yang berjumlah 78 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Analisis data terdiri dari 1) deskripsi data, 2) uji prasyarat, 3) pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini terdapat kontribusi yang signifikan dari kelompok kerja guru (KKG) terhadap kompetensi pedagogic guru SDN Kuranji Padang sebesar 79.00% tingkat capaian responden baik. Hal menunjukkan bahwa kelompok kerja guru (KKG) sangat pentingĀ  dalam mengubah kompetensi pedagogic guru. Untuk itu diharapkan kepada semua guru SDN Kuranji Padang dapat mengikuti program KKG yang telah ditetapkan sebagai lembaga atau wadah pengembangan kemampuan guru, agar kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogic dapat menjadi lebih baik lagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ummatanwasathan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Kajian dan Pengembangan umat memuat tentang kajian keislaman dalam berbagai bidang, seperti : 1.Pendidikan Islam 2.Ekonomi Islam 3.Hukum Islam dan lain sebagainya. Untuk spesifikasi kajian ditentukan dalam setiap Volumenya, hal ini dimaksudkan agar setiap hasil research dan pemikiran Sumber ...