GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 1 (2024): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Pengaruh Flashcard terhadap Perkembangan Berbahasa Ekspresif Anak Usia Dini Berdasarkan Penelitian Tahun 2019-2024

Nurilmy, Della Srioktavia (Unknown)
Loita, Aini (Unknown)
Alia, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini. Rendahnya kemampuan berbahasa ekspresif anak dapat dipengaruhi oleh kurangnya stimulasi terhadap perkembangan bahasanya, sehingga sedikitnya bahasa yang didengar oleh anak yang menyebabkan terhambatnya perkembangan bahasa anak. Salah satu kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan bahasa adalah dengan menggunakan media flashcard. Media flashcard dirancang untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak melalui gambar atau tulisan yang terdapat pada kartu yang dapat menambah jumlah kosakata anak, dan menjadi stimulasi terhadap perkembangan bahasa ekspresifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media flashcard terhadap perkembangan berbahasa ekspresif anak usia dini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2019-2024. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur, mencari, menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari rentang tahun 2019-2024 menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flashcard terhadap perkembangan berbahasa ekspresif anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...