Cendikia Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan

GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP): LITERATURE REVIEW

Ainun Wava (Unknown)
Meilinda Agustina (Unknown)
Aulia Hafidz Azzahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Mata pelajaran IPS memiliki jumlah materi yang banyak sebagai bidang sosial humaniora dan menjadi tantangan sendiri kepada siswa SMP. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas, kelebihan dan kekurangan penggunaan media game dari berbagai jenisnya dalam pembelajaran IPS pada tingkat SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi buku, jurnal artikel, maupun berita daring yang relevan dalam rentang penelitian 5 tahun terakhir. Media game menjadi upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sepuluh jurnal yang digunakan menyatakan bahwa media game layak untuk dijadikan media pembelajaran IPS dengan kesesuaian materi dengan game yang dipilih. Game memiliki kelebihan sebagai media yang dapat diikuti seluruh peserta didik dan meningkatkan pengalaman serta motivasi belajar. Kekurangan media game yaitu guru harus mempersiapkan media yang digunakan dan dalam jumlah banyak agar siswa memiliki kesempatan yang sama serta biaya yang tidak murah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...