Mata pelajaran IPS memiliki jumlah materi yang banyak sebagai bidang sosial humaniora dan menjadi tantangan sendiri kepada siswa SMP. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas, kelebihan dan kekurangan penggunaan media game dari berbagai jenisnya dalam pembelajaran IPS pada tingkat SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi buku, jurnal artikel, maupun berita daring yang relevan dalam rentang penelitian 5 tahun terakhir. Media game menjadi upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sepuluh jurnal yang digunakan menyatakan bahwa media game layak untuk dijadikan media pembelajaran IPS dengan kesesuaian materi dengan game yang dipilih. Game memiliki kelebihan sebagai media yang dapat diikuti seluruh peserta didik dan meningkatkan pengalaman serta motivasi belajar. Kekurangan media game yaitu guru harus mempersiapkan media yang digunakan dan dalam jumlah banyak agar siswa memiliki kesempatan yang sama serta biaya yang tidak murah.
Copyrights © 2023