Cendikia Pendidikan
Vol. 2 No. 9 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN THEMATIC SPINNING WHEEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS V

Adelia, Adelia (Unknown)
Melyani Sari Sitepu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta didi pada pembelajaran tematik. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara guru kelas V, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang minim berupa buku paket dan media sederhana. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu berupa media visual yang kreatif dan inovatif. Media thematic spinning wheel merupakan media pembelajaran edukasi yang dapat memacu peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini berjenis Reseacrch and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Seubjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta respon peserta didik dan guru. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran thematic spinning wheel dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media 98%, hasil persentasi dari ahli materi 95% dan hasil persentasi dari ahli bahasa 98%. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran temaki sedangkan dari respon guru diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...