Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD

Arifani Zahira (Unknown)
Ismail Marzuki (Unknown)
Arya Setya Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan peserta didik dalam belajar. Hal ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa peserta didik kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diadaptasi oleh model Kemmis dan Mc. Taggrat. Penelitian ini memiliki beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan evaluasi. Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 65,875 % dan ketuntasan 70,83 % pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76 dan ketuntasan 95,83 % dari data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik menggunakan metode role playing meningkat setelah dilakukan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...