Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 11 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENERAPAN MOTIF RAGAM HIAS SUMATERA UTARA DI UNDERPASS TITI KUNING KECAMATAN MEDAN JOHOR (STUDI BENTUK, MAKNA DAN WARNA)

Putri Ramadhani (Unknown)
Daulat Saragi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Sumatera Utara diketahui memiliki 8 etnis dengan keberagaman budaya mulai dari upacara adat, rumah adat serta ragam hiasnya. Pada masa lampau ragam hias hanya diletakkan pada rumah adat namun karena perkembagan zaman ragam hias diletakkan pada bangunan modern pula seperti bangunan underpass Titi Kuning yang memiliki keindahan motif-motif ragam hias Sumatera Utara pada dinding-dinding bangunannya sehingga menjadi sarana revitalisasi budaya kepada masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji asal etnis dan jumlah motif yang diterapkan pada bangunan tersebut serta untuk melihat apakah terjadinya perubahan pada bentuk, warna, makna dan penempatan ragam hias Sumatera Utara yang ada pada bangunan underpass Titi Kuning. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan memakai teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang adanya beberapa perubahan bentuk motif namun tidak mengubah bentuk tradisionalnya melainkan hanya lebih disederhanakan. Terdapat pula motif yang mengalami perubahan warna yang sudah tidak megikuti pakem terdahulu. Kemudian terjadi pergeseran makna motif ragam hias akibat peletakkannya secara acak tidak megikuti aturan peletakkan seperti pada rumah adat melainkan mengikuti bidang bangunan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...