Cendikia Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PERAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER GENERASI MUDA DI SEKOLAH SMAN 11 MEDAN

Apriana Dian Putri Siregar (Unknown)
Liesna Andriany (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam membentuk karakter generasi muda di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Medan. Ki Hajar Dewantara, sebagai tokoh pendidikan terkemuka Indonesia, memiliki warisan pemikiran yang berpengaruh dalam pembentukan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pendidik dan siswa serta observasi terhadap praktik pendidikan di SMAN 11 Medan. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana pemikiran Ki Hajar Dewantara tercermin dalam kegiatan dan nilai-nilai sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ki Hajar Dewantara memiliki dampak yang kuat dalam membentuk karakter siswa, terutama dalam hal pendidikan karakter, keberagaman, kemandirian, dan kepemimpinan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...