Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

METODE HISTORIS SEBAGAI PEDOMAN DALAM PENYUSUNAN PENELITIAN SEJARAH

Agus Rustamana (Unknown)
Abdul Hamid Zahwan (Unknown)
Fauzan Hilmani (Unknown)
Asih Selma (Unknown)
Divino Narendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penyusunan artikel ini bertujuan untuk menyampaikan isi terkait Metode Historis yang digunakan dalam penyusunan penelitian sejarah. Penelitian ini menggunakan jenis metode Kualitatif Deskriptif menggunakan berbagai sumber yang terkait dengan konteks isi mengenai Metode Historis. Dengan hasil Pembahasan Yaitu: 1). Penggunaan Metode Historis Pada Penelitian Sejarah. Metode historis dalam penelitian sejarah mencakup lima tahap: pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan penulisan sejarah. Pendekatan ini bertujuan merekonstruksi peristiwa masa lalu secara kritis dan sistematis, menghasilkan karya tulis yang otentik dan kredibel. 2). Teknik analisis data historis melibatkan pengumpulan, kritik sumber untuk otentisitas dan kredibilitas, serta interpretasi data untuk merangkai fakta menjadi cerita sejarah yang koheren. Analisis kualitatif membantu memahami dan menyelesaikan masalah penelitian secara menyeluruh. 3). Langkah-langkah penelitian historis termasuk pemilihan masalah, studi pendahuluan, pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan, dan penyusunan laporan. Prosedur ini penting untuk memastikan hasil penelitian yang valid dan berarti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...