Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD

Fitri Dwi Jayanti (Unknown)
Anggun Melliza Febriani (Unknown)
Sita Olivia Rosalina (Unknown)
Salsabila Arti Adiman (Unknown)
Jaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan suatu negara, dan guru adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar (SD). Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, melibatkan analisis literatur dari jurnal, buku, artikel, dan dokumen terkait. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka meningkatkan motivasi dan kreativitas guru, serta memungkinkan integrasi nilai-nilai lokal dan budaya dalam pembelajaran. Kebebasan guru dalam memilih metode dan strategi pembelajaran membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi siswa, sehingga meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka. Namun, tantangan dalam penerapan Kurikulum Merdeka meliputi kurangnya pemahaman dan kesiapan guru, serta kurangnya dukungan dan fasilitas yang memadai. Kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas pendidikan sangat penting untuk mengatasi tantangan ini. Kesimpulannya, penerapan Kurikulum Merdeka berpotensi besar dalam meningkatkan kompetensi guru SD dan kualitas pendidikan, dengan dukungan dan pelatihan yang tepat. Kata kunci: kurikulum merdeka, kompetensi guru SD, pendekatan pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...