Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA

Siti Nurhaliza (Unknown)
Junierissa Marpaung (Unknown)
Ahmad Yanizon (Unknown)
Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Bagaimana perencanaan karir siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik Mind Mapping di sekolah Bagaimana perencanaan karir siswa setelah di berikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik Mind Mapping di sekolah Apakah layanan bimbingan kelompok melalui teknik Mind Mapping dapat meningkatkan perencanaan karir siswa di MAS An-Ni’mah Kota Batam Dalam penelitian ini, peneiti menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah jenis pendekatan ilmiah menggunakan data yang dapat dikuantifikasikan atau diukur menggunakan prosedur statistik atau cara lainnya Kemudian selain pendekatan, metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pre- test post-test design. Penelitian ini dilakukan pada satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan perencanaan karir siswa sebelum diberikan teknik Mind Mapping dalam layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah dengan rata-rata 51, dan setelah diberikan teknik Mind Mapping dalam layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 81, maka dapat diketahui adanya perbedaan antara pretest dan posttest. yang dilihat dari angka probabilitas Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 0,05 sehingga hipotesis alternative diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Mind Mapping dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Perencanaan karir siswa sebelum (pretest) diberikan perlakuan berada dalam kategori rendah. Perencanaan karir siswa setelah (posttest) diberikan perlakuan berada dalam kategori, sangat tinggi (6), tinggi (4), Cukup (2). Dapat meningkatkan perencanaan karir pada siswa. Berdasarkan dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan yang diuji dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu Layanan bimbingan kelompok melalui teknik mind mapping dapat meningkatkan perencanaan karir bagi siswa kelas 12 Agama 1 MAS-An’nimah Batam sebelum (pretest) dan setelah (posttest).Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir, Siswa Kelas 12

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...