Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan karakter dan faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter religius melalui pembiasaan di MI Manbaul Ulum Semampir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas 5 yang berjumlah 17 yang terdiri dari 14 laki-laki dan 3 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan karakter religius melalui pembiasaan di MI Manbaul Ulum Semampir dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yakni pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan keteladanan. Selain itu juga ada faktor pendukung dalam pelaksanaannya seperti faktor lingkungan, faktor karakter-karakter terutama karakter religius dan situasi yang kondusif, kegiatan yang sudah terprogram serta kepemimpinan dan keteladanan guru yang baik. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan pendidikan karakter seperti kendala biaya dan kesadaran anak-anak yang masih kurang sehingga masih disuruh terlebih dahulu untuk melakukannya.
Copyrights © 2024