Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Adopsi Teknologi sebagai Sumber Belajar SIG oleh Guru Geografi di Kabupaten Sukoharjo

Widiyatmoko, Wahyu (Unknown)
Pratiwi, Dea Handika (Unknown)
Wibowo, Yunus Aris (Unknown)
Dewi, Ratih Puspita (Unknown)
Wardhani, Puspita Indra (Unknown)
Musiyam, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Adopsi teknologi dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan bagi guru, tidak terkecuali guru geografi. Adopsi teknologi dapat berupa pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran geografi. Pemanfaatan sumber belajar digital oleh guru geografi sudah dilakukan oleh beberapa peneliti dan hasilnya tidak begitu menggembirakan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat adopsi teknologi dalam pembelajaran SIG oleh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo dipilih karena wilayah ini berbatasan langsung dengan wilayah urban Surakarta dengan fasilitas pendukung digital yang baik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 33 guru. Seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Pengukuran tingkat adopsi teknologi informasi oleh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo dilakukan dengan menggunakan model The unified  theory of acceptance and use of  technology  (UTAUT). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar digital yang paling banyak digunakan oleh guru geografi dalam pembelajaran SIG adalah YouTube, disusul dengan sumber peta dan Google Earth. Tingkat adopsi teknologi pada pembelajaran SIG oleh guru geografi di Kabupaten Sukoharjo termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 64,5. Hasil ini menunjukkan bahwa perlu adanya pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi dan sumber belajar digital untuk pembelajaran SIG bagi guru geografi di Kabupaten Sukoharjo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...