Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Keterampilan Membaca Kritis dengan Metode SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui E-Learning

Gusnetti, Gusnetti (Unknown)
Naini, Ineng (Unknown)
Isnanda, Romi (Unknown)
Marsis, Marsis (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca kritis genre teks faktual melalui E-Learning mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bung Hatta angkatan 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bung Hatta Padang angkatan 2022/2023. Instrumen penelitan dengan melakukan wawancara, observasi dan tugas. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, mahasiswa dalam membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan sudah lebih banyak ke arah C2 sampai C5 dengan nilai rata-rata 8,43. Kedua, mahasiswa dalam menganalisis watak tokoh Sir Isaac Newton dalam membaca kritis sudah jelas dan tepat dengan nilai rata-rata 8,07. Ketiga, mahasiswa membuat kesimpulan berdasarkan teks faktual masih belum tepat dengan nilai rata-rata 7,78. Keempat mahasiswa belum mampu menemukan keunikan tokoh Sir Isaac Newton dengan baik, nilai rata-rata 7,69. Dengan demikian, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP angkatan 2022/2023 sudah mampu membaca kritis teks faktual menggunakan metode SQ3R dengan nilai rata-rata 7,96 dengan kategori lebih dari cukup. Kata Kunci: Membaca, Membaca Kritis, Metode SQ3R

Copyrights © 2024