JEER (Journal of Elementary Educational Research)
Vol 4 No 1 (2024): 2024 Volume 4 No 1

Perumusan Kebijakan Pendidikan di Sekolah Dasar Unggulan

Makalao, Dwi Ajeng Maulidya (Unknown)
Mirochina, Chaerly (Unknown)
Supendi, Pepen (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji perumusan kebijakan pendidikan di Sekolah Dasar Unggulan Al-Izzah Bandung. Menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan, bertujuan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah unggulan. Studi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif melalui studi kasus. Penelitian dilakukan di SDU Al-Izzah Bandung, dengan menggunakan teknik pengumpulan seperti wawancara, observasi dan analisis dokumen. Analisis Data dijelaskan secara naratif untuk memahami secara mendalam perumusan kebijakan pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDU Al-Izzah Bandung menggunakan pendekatan analisis kebijakan dan partisipatif dalam merumuskan kebijakan pendidikan. Keterlibatan pemangku kepentingan, pertimbangan terhadap konteks budaya, dan pemanfaatan media sosial menjadi strategi utama dalam memastikan kebijakan yang komprehensif dan responsif. Rekomendasi meliputi terus mengintegrasikan keterlibatan pemangku kepentingan, memperkuat pemahaman terhadap perubahan sosial, serta memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan transparansi dan komunikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeer

Publisher

Subject

Education Other

Description

Culture and local wisdom based education in elementary schools multicultural context Digital-based Learning Media and Online Learning System (Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Religious Education, Art, Game and Sport, and Local Content) in Elementary School ...