Jurnal Paramaedutama
Vol 1 No 2 (2023): Paramaedutama

Pengembangan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini Kelompok B

Hikrawati (Unknown)
Salama, Nurdin (Unknown)
Ismawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Pengembangan media pembelajaran bahan alam merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan media bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, (2) Untuk mengetahui gambaran desain media pembelajaran  bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, (3) Untuk mengetahui  tingkat keefektifan dan kepraktisan  media pembelajaran bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development model (ADDIE). Subjek penelitian sebanyak 10 orang anak yang berusia 5-6 tahun dan satu orang guru kelompok B TKIT Insan Madani Kota Palopo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kebutuhan pengembangan media pembelajaran bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan anak didik mampu menghasilkan suatu karya, (2) Desain pengembangan media pembelajaran bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini terbagi dari pengembangan media, pengembangan perangkat pembelajaran, format penilaian, dan buku panduan, (3) Tingkat keefektifan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini menunjukkan kriteria keefektifan dengan presentase 97,5%, sedangkan uji kepraktisan menunjukkan  kriteria kepraktisan dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, pengembahan media bahan alam dapat meningkatkan kreatifitas anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...