Penelitian ini bertujuan untuk memahami teori kepemimpinan dalam konteks manajemen pendidikan Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi konsep teori kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu pengetahuan dapat disebut ilmu pengetahuan jika memiliki teori. Teori merupakan struktur fundamental dari ilmu pengetahuan, berasal dari istilah Yunani "theoria," yang berarti melihat atau memandang sesuatu dengan kontemplasi atau spekulasi, berbeda dengan tindakan atau pelaksanaan yang disebut "praxis" dalam bahasa Yunani, suatu konsep yang diperkenalkan oleh Aristoteles. Perbedaan antara teori dan praktik dapat dilihat dalam bidang kedokteran, di mana teori medis berupaya memahami penyebab dan sifat kesehatan, sedangkan praktik medis berupaya membuat orang sehat. Dalam konteks kepemimpinan, diperlukan teori yang mampu menjelaskan idealitas kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, agar teori tersebut dapat digunakan sesuai dengan tujuan kepemimpinan itu sendiri.
Copyrights © 2024