Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Vol. 7 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah

EFEKTIVITAS PENERAPAN KAIDAH IMLA’ DASAR DALAM MEMPERBAIKI ‎KEMAMPUAN ‎MENULIS BAHASA ARAB SISWA ‎KELAS 7 MTSN 1 KOTA ‎MALANG‎

Ardhillah, Isma Annisa Nur (Unknown)
Muhammad Naufal Farhan (Unknown)
Anita Ferninda Putri (Unknown)
Moh. Khasairi (Unknown)
Moch. Solehudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektivitas penerapan kaidah imla’ dasar ‎dalam ‎meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas 7 MTsN 1 ‎Kota Malang. Metode yang ‎digunakan adalah eksperimen-kuasi dengan desain ‎satu kelompok sebelum perlakuan dan sesudah ‎perlakuan (one organization pretest-‎posttest layout). Penelitian dimulai dengan pretest untuk ‎mengukur kemampuan ‎awal siswa, dilanjutkan dengan pemberian treatment berupa pengajaran ‎kaidah ‎imla’ dasar, dan diakhiri dengan posttest untuk mengevaluasi hasil belajar. Hasil ‎penelitian ‎menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa setelah ‎diberikan treatment. Nilai rata-‎rata pretest sebesar 77 meningkat menjadi 88 pada ‎posttest. Analisis statistik dengan uji-t ‎menunjukkan nilai t-hitung sebesar 7,11 ‎lebih besar dari t-tabel sebesar 2,06 pada tingkat signifikansi ‎‎0,05. Hal ini ‎mengindikasikan efektivitas penerapan kaidah imla’ dasar dalam memperbaiki ‎kemampuan menulis Bahasa Arab siswa dengan ditemukannya perbedaan signifikan terhadap hasil ‎tulisan siswa sebelum dan sesudah treatment diberikan. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat ‎menjadi pertimbangan untuk tenaga pendidik Bahasa Arab untuk lebih memperhatikan peran penting ‎kaidah imla’ pada pembelajaran Bahasa Arab dan mempraktikkannya secara berkala dalam upaya ‎memperbaiki sejak dini kemampuan menulis Bahasa Arab siswa.‎ Kata Kunci: Bahasa Arab, Imla’, Menulis AbstractThis research aims to review the effectiveness of applying basic imla' rules in ‎improving Arabic writing ‎skills of 7th grade students of MTsN 1 Malang City. The ‎method is quasi-experiment with one ‎organization pretest-posttest layout. The research‎ began with a pretest to measure students' initial ‎abilities, followed by giving ‎treatment in the form of teaching basic imla' rules, and ended with a ‎posttest to ‎evaluate learning outcomes. The results showed an increase in students' writing ‎ability after ‎being given treatment. The average pretest score of 77 increased to 88 in ‎the posttest. Statistical ‎analysis with t-test shows that the t-count value of 7.11 is ‎greater than the t-table of 2.06 at the 0.05 ‎significance level. This indicates the effectiveness of the application of basic imla' rules to improving ‎students' Arabic writing skills by findings significant differences in the results of student writing before ‎and after treatment is given. It is hoped that the results of this research can be a consideration for ‎Arabic educators to give more attention the important role of imla' rules in Arabic learning and ‎practice it regularly in order to improve students' Arabic writing skills earlier.‎ Keywords: Arabic, Imla’, Writing

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tashdiq

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini ...